Analisis SWOT Perusahaan Coca Cola Company
Kekuatan(Strenght)
1.Menguasai pangsa pasar dunia
2.Beroperasi hingga lebih dari 200 negara
3.Memproduksi 400 merk yang terdiri lebih dari 2600 produk minuman
4.Perusahaan minuman terbesar sedunia
5.Sebagai inovator dalam industri soft drink
6.Mempunyai struktur organisasi yang sangat baik
7.Memiliki kepopuleran merk yang tinggi dan dikenal oleh masyarakat dunia
8.Perbedaan geografi perusahaan memberikan keseimbangan
9.Net operating revenue tumbuh 4% menjadi $24.1 billion, dan operating income tumbuh 4% menjadi $6.3 billion
Kelemahan(Weakness)
1.Inovasi dan ekspansi yang lambat dalam mengatasi pesaing dan memenuhi keinginan pasar
2.Coca Cola hanya berbasis pada kategori minuman dan belum merambah ke sektor lain
3.Segmentasi terlalu global
Peluang(Opportunity) Perusahaan Coca Cola Company
1.Integrasi ke depan dimana perusahaan melakukan akuisisi kepemilikan atas distributor atau pengecer.
2.Integrasi ke belakang dimana perusahaan mencari kepemilikan atas pemasok perusahaan
3.Integrasi Horizontal dimana perusahaan menguasai perusahaan lain yang sejenis, seperti halnya mengakuisisi merek air minum lokal, Ades melalui PT Coca Cola Bottling Indonesia.
4.Penetrasi Pasar dimana perusahaan meningkatkan pangsa pasar untuk produk saat ini di pasar melalui upaya pemasaran yang lebih besar.
Ancaman(Threath) The Coca Cola Company:
1.Banyak konsumen yang mulai meninggalkan minuman berkarbonasi
2.Di beberapa negara seperti India melarang penjualan coca-cola
3.Invasi AS ke Irak yang mempengaruhi penjualan coca-cola
4.Tingginya harga bahan mentah
5.Kesulitan mengatur seluruh anak perusahaan sedunia.
Analisis SWOT Perusahaan Pepsi Company
Kekuatan(Strenght) Perusahaan Pepsi Co
1.Pepsi memiliki lini produk yang lebih luas dan reputasi yang luar biasa.
2.Penggabungan Quaker Oats menghasilkan sinergi di pasaran.
3.Kerjasama dengan berbagai gerai makanan seperti KFC
4.Rekam pendapatan dan meningkatkan pangsa pasar.
5.Kurangnya kendala modal (ketersediaan aliran kas bebas yang besar).
6.Merek yang kuat, distribusi yang kuat, kemampuan inovatif
7.Nomor satu dalam pembuat makanan ringan, seperti keripik jagung dan keripik kentang. Produk bervariasi, tidak hanya minuman.
Kelemahan(Weakness) Perusahaan Pepsi Co
1.Pepsi sulit untuk menginspirasi visi dan arah perusahaan global yang besar.
2.Tidak semua produk PepsiCo menanggung nama perusahaan
3.PepsiCo tertinggal jauh dari Coca-cola di pasar internasional, permintaan adalah sangat elastis.
Peluang (Opportunity) Perusahaan Pepsi Co
1.Pengembangan Pasar dimana perusahaan memperkenalkan produk saat ini ke area geografis yang baru.
2.Pengembangan Produk dimana perusahaan menciptakan produk baru jenis makanan.
3.Diversifikasi Konsentrik dimana perusahaan menambah produk baru yang masih berkaitan dengan produk lama.
4.Strategi Kepemimpinan Harga dimana perusahaan berusaha menjadi perusahaan yang berbiaya rendah karena semakin tingginya tingkat persaingan.
Ancaman(Threath) PepsiCo:
1.Pepsi dipersalahkan atas residu pestisida dalam produk mereka dalam salah satu dari mereka yang paling menjanjikan di pasar Negara berkembang misalnya di India
2.Lebih dari 50 persen dari penjualan perusahaan berasal dari Frito-Lay; ini merupakan ancaman jika pasar mengalami penurunan
3.PepsiCo sekarang bersaing dengan Cadbury Schweppes, dan Kraft, selain Coca Cola, (karena produk yang lebih luas).
4.Ukuran perusahaan akan menuntut beragam program pemasaran; sosial, budaya, ekonomi, politik dan pemerintahan menjadi pertimbangan.
Kekuatan(Strenght) Perusahaan Pepsi Co
1.Pepsi memiliki lini produk yang lebih luas dan reputasi yang luar biasa.
2.Penggabungan Quaker Oats menghasilkan sinergi di pasaran.
3.Kerjasama dengan berbagai gerai makanan seperti KFC
4.Rekam pendapatan dan meningkatkan pangsa pasar.
5.Kurangnya kendala modal (ketersediaan aliran kas bebas yang besar).
6.Merek yang kuat, distribusi yang kuat, kemampuan inovatif
7.Nomor satu dalam pembuat makanan ringan, seperti keripik jagung dan keripik kentang. Produk bervariasi, tidak hanya minuman.
Kelemahan(Weakness) Perusahaan Pepsi Co
1.Pepsi sulit untuk menginspirasi visi dan arah perusahaan global yang besar.
2.Tidak semua produk PepsiCo menanggung nama perusahaan
3.PepsiCo tertinggal jauh dari Coca-cola di pasar internasional, permintaan adalah sangat elastis.
Peluang (Opportunity) Perusahaan Pepsi Co
1.Pengembangan Pasar dimana perusahaan memperkenalkan produk saat ini ke area geografis yang baru.
2.Pengembangan Produk dimana perusahaan menciptakan produk baru jenis makanan.
3.Diversifikasi Konsentrik dimana perusahaan menambah produk baru yang masih berkaitan dengan produk lama.
4.Strategi Kepemimpinan Harga dimana perusahaan berusaha menjadi perusahaan yang berbiaya rendah karena semakin tingginya tingkat persaingan.
Ancaman(Threath) PepsiCo:
1.Pepsi dipersalahkan atas residu pestisida dalam produk mereka dalam salah satu dari mereka yang paling menjanjikan di pasar Negara berkembang misalnya di India
2.Lebih dari 50 persen dari penjualan perusahaan berasal dari Frito-Lay; ini merupakan ancaman jika pasar mengalami penurunan
3.PepsiCo sekarang bersaing dengan Cadbury Schweppes, dan Kraft, selain Coca Cola, (karena produk yang lebih luas).
4.Ukuran perusahaan akan menuntut beragam program pemasaran; sosial, budaya, ekonomi, politik dan pemerintahan menjadi pertimbangan.
Analisis SWOT Perusahaan Coca Cola Company